MULTIMEDIA PEMBELAJARAN
Name : Nursani
Class : 3c
Media
pembelajaran adalah suatu bagian yang integral dari proses pembelajaran di
kelas.Untuk mencapai hasil belajar yang maksimal, pembelajar harus mempunyai
pengetahuan tentang pengelolaan media pembelajaran baik sebagai alat bantu
pengajaran maupun sebagai pendukung agar materi isi pelajaran semakin jelas dan
dengan mudah dapat dikuasai pembelajar.Penggunaan media dalam pembelajaran
dimaksudkan untuk dapat membantu mengatasi berbagai hambatan dalam proses
pembelajaran.
Tujuan media
pembelajaran adalah meliputi alat untuk membantu guru dalam mengajar serta
sarana pembawa pesan dari sumber belajar ke penerima pesan belajar (siswa).
Sebagai penyaji dan penyalur pesan, media belajar dalam hal-hal tertentu bisa
mewakili guru menyajiakan informasi belajar kepada siswa.Peranan media yang semakin
meningkat sering menimbulkan kekhawatiran pada guru. Namun sebenarnya hal itu
tidak perlu terjadi, masih banyak tugas guru yang lain seperti: memberikan
perhatian dan bimbingan secara individual kepada siswa yang selama ini kurang
mendapat perhatian. Kondisi ini akan teus terjadi selama guru menganggap
dirinya merupakan sumber belajar satu-satunya bagi siswa. Jika guru
memanfaatkan berbagai media pembelajaran secara baik, guru dapat berbagi peran
dengan media. Peran guru akan lebih mengarah sebagai manajer pembelajaran dan
bertanggung jawab menciptakan kondisi sedemikian rupa agar siswa dapat belajar.
Secara umum manfaat media
pembelajaran adalah memperlancar interaksi antara guru dengan siswa sehingga
kegiatan pembelajaran lebih afektif dan efisien. Sedangkan secara lebih khusus
manfaat media pembelajaran adalah: Proses pembelajaran menjadi lebih jelas dan
menarik. Media dapat menampilkan informasi melalui suara, gambar, gerakan dan
warna, baik secara alami maupun manipulasi, sehingga membantu guru untuk
menciptakan suasana belajar menjadi lebih hidup, tidak monoton dan tidak
membosankan.
Proses belajar mengajar
dapat berhasil dengan baik jika siswa berinteraksi dengan semua alat inderanya.
Guru berupaya menampilkan rangsangan (stimulus) yang dapat diproses dengan
berbagai indera. Semakin banyak alat indera yang digunakan untuk menerima dan
mengolah informasi, semakin besar pula kemungkinan informasi tersebut
dimengerti dan dapat dipertahankan dalam ingatan siswa. Siswa diharapkan akan
dapat menerima dan menyerap dengan mudah dan baik pesan-pesan dalam materi yang
disajikan. Penyampaian suatu konsep pada siswa akan tersampaikan dengan baik
jika konsep tersebut mengharuskan siswa terlibat langsung didalamnya bila
dibandingkan dengan konsep yang hanya melibatkan siswa untuk mengamati saja.
Media yg sering digunakan oleh guru adalaah metode gambar,contohnya
menggambar beberapa buah balon di kertas karton dan didalam gambar
balon di isi rumus-rumus tenses.dengan cara ini siswa akan termotivasi
untuk membuat sebaik mungkin, dan siswa akan mengetahuii ruumus-rumus
tenses tersebut dan mudah mngingatnya.Berdasarkan penjelasan diatas, maka
dengan penggunaan media pembelajaran diharapkan dapat memberikan pengalaman
belajar yang lebih konkret kepada siswa, dan dapat meningkatkan keaktifan siswa
dalam pembelajaran sebagai contoh yaitu media pembelajaran bahasa inggris
interaktif.
Tiada ulasan:
Catat Ulasan